Senin, 06 Agustus 2012

Cara mudah merawat dan budidaya burung kenari


Asalamualaikum wr. wb..
Nah saya akan menjelaskan bagaimana cara yang mudah merawat dan membudidayakan burung kenari, kebetulan di rumah saya juga budidaya burung kenari hehehe, dan foto burung di atas itu adalah hasil dari budidaya saya imut dan lucu kan hehehe...oke tanpa panjang lebar saya akan langsung menjelaskan tips-tipsnya:
Read more »

Cara merawat :
1. kasih makan burungnya sekalian ganti air minum (air hangat) setiap hari kalau saya sih pada pagi hari...
2. kemudian jemur, waktu jemur burung biasanya kalau saya setelah di kasih makan atau ganti air minum, dan waktunya jngan sampek dhuhur deh biar burungnya gak kepanasan kira2 sampek jam 10-11 cukup.
nah cara2nya mungkin hanya itu...untuk makan tambahan biasanya sawi putih, sawi hijau, mentimun, telur puyuh, gambas, dll...
NB : gambas untuk menguruskan burung jika terlalu gemuk, telur puyuh untuk menambah protein dan birahi burung,.
  Cara budidayanya :
1. Sebelum membudidayakanya anda harus mengetahui burung ini siap atau belumnya burung tersebut. jangan sembarangan menjodohkan jika burung tersebut blum siap pasti burung akan rusak. maka anda harus mengetauinya..cara mengetahuinya jika pejantanya sudah sering berkicau dan suaranya panjang sekali maka itu pertanda sudah siap..kalau betina biasanya memanggil manggil si pejantan cp cp gitu hehehe biasanya berbunyi tiiiiirrr tiiiiiir tiiiiiiir begitulah karena saya bukan burung jadi gak bisa menirunya hahaha nah itu pertanda burung sudah siap..
Kalau  burung jantan dan betina sudah siap maka waktunya untuk menjodohkan biasanya wktu menjodohkan berlangsung agak lama jika pejantan dan betinanya belum psaling kenal biasanya membutuhkan waktu hingga 1 bulan atau 2 bulan..dalam masa perjodohan kasih makan tambahan sawi putih dan telur puyuh(separo aja gk usah bnyak2) dan jemur..jika burung sudah saling suka pasti tidak lepas dari bertelur tanda tanda burung jika mau bertelur yaitu burung betina sibuk untuk membuat sarang dan burung betina selalu tidur d sarangnya..
2. jika burung sudah bertelur lebih dari 4 atau burung sudah telat bertelur mka segera pisahkan burung jantan hal ini untuk mencegah burung betina untuk birahi bertelur terus jika hal itu tidak dilakukan burung betina tidak akan mengerami telur dengan baik..atau gagal tidak akan menetas untuk menghindarinya maka pisahkan pejantan dan burung betina jgn sampai kedengaran suara kicaun burung jantan.
3. bururung betina biasanya bertelur 1 hari 1 telur, dan menetas selama kurang lebih 2 minggu.
4. jika sudah menetas burung kasih telur puyuh kembali..hal tsb berfungsi untuk pakan si anak kenari..dalam proses penetasan sama dengan bertelur yaitu 1 hari 1 burung menetas dan jika melawati hari yag di tentukan telur tidak menetas maka buang saja telur tsb karena sudah membusuk tapi ingat cara mengetahuinya jika telur tidak menetas pada waktunya yaitu 2 minggu lbih 4 atau 5 hari maka itu harus di buang agar tidak menggangu si anak laennya..
5. nah terakir pemisahan...pemisahan dapat di lakukan jika si anak td sudah bisa makan sendiri kurang lbih 2-3 minggu dari awal menetas..
Menentukan pejantan dan betina :
Cara menentukan burung jantan dan betina...
1. jika jantan dilait dari segi fisiknya lebih panjang dan ramping dari pada betina.
2. pejantan suka berkicau dan sngat panjang sekali jika siap kawin..sedangkan betina tidak bisa berkicau..
3. diliat dari duburnya pejantan mempunyai dubur yang besar dan mancung kedepan, sedangkan betina tidak, cara mengetahuinya tiup bulu di bagian dubur..
Nah sekilas pengetahuan saya selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar